OICHIRO HONDA (PENDIRI HONDA) : "Lihat Kegagalan Saya"
Saat merintis bisnisnya Soichiro Honda selalu diliputikegagalan. Iasempat jatuh sakit, kehabisan uang, dikeluarkan darikuliah. Namun ia trus bermimpi dan bermimpi...
Cobalah amati kendaraan yang melintasi jalan raya.Pasti, mata Andaselalu terbentur pada Honda, baik berupa mobil maupunmotor. Merkkendaran ini menyesaki padatnya lalu lintas, sehinggalayak dijuluki"raja jalanan".Namun, pernahkah Anda tahu, sang pendiri "kerajaan"Honda - SoichiroHonda - diliputi kegagalan.
Ia juga tidak menyandanggelar insinyur,lebih-lebih Profesor seperti halnya B.J. Habibie,mantan Presiden RI.Ia bukan siswa yang memiliki otak cemerlang. Di kelas,duduknya tidakpernah di depan, selalu menjauh dari pandangan guru."Nilaiku jelek di sekolah.
Tapi saya tidak bersedih,karena dunia sayadisekitar mesin, motor dan sepeda," tutur tokoh ini,yang meninggalpada usia 84 tahun, setelah dirawat di RS Juntendo,Tokyo, akibatmengindap lever.
Kecintaannya kepada mesin, mungkin 'warisan' dariayahnya yang membukabengkel reparasi pertanian, di dusun Kamyo, distrikShizuko, JepangTengah, tempat kelahiran Soichiro Honda. Di bengkel,ayahnya membericathut (kakak tua) untuk mencabut paku.
Ia juga seringbermain ditempat penggilingan padi melihat mesin diesel yangmenjadi motorpenggeraknya.Di situ, lelaki kelahiran 17 November 1906, ini dapatberdiam diriberjam-jam. Di usia 8 tahun, ia mengayuh sepeda sejauh10 mil, hanyaingin menyaksikan pesawat terbang.
Ternyata, minatnya pada mesin, tidak sia-sia. Ketikausianya 12 tahun,Honda berhasil menciptakan sebuah sepeda pancal denganmodel rem kaki.Tapi, benaknya tidak bermimpi menjadi usahawanotomotif. Ia sadarberasal dari keluarga miskin.
Apalagi fisiknya lemah,tidak tampan,sehingga membuatnya rendah diri.Di usia 15 tahun, Honda hijrah ke Jepang, bekerja HartShokai Company.Bosnya, Saka Kibara, sangat senang melihat carakerjanya. Honda telitidan cekatan dalam soal mesin. Setiap suara yangmencurigakan, setiapoli yang bocor, tidak luput dari perhatiannya.
Enamtahun bekerjadisitu, menambah wawasannya tentang permesinan.Akhirnya, pada usia 21tahun, bosnya mengusulkan membuka suatu kantor cabangdi Hamamatsu.Tawaran ini tidak ditampiknya.Di Hamamatsu prestasi kerjanya tetap membaik. Iaselalu menerimareparasi yang ditolak oleh bengkel lain. Kerjanya puncepatmemperbaiki mobil pelanggan sehingga berjalan kembali.K
arena itu, jamkerjanya larut malam, dan terkadang sampai subuh. Otakjeniusnya tetapkreatif. Pada zaman itu, jari-jari mobil terbuat darikayu, hinggatidak baik meredam goncangan. Ia punya gagasan untukmenggantikanruji-ruji itu dengan logam. Hasilnya luarbiasa.Ruji-ruji logamnyalaku keras, dan diekspor ke seluruh dunia.
Di usia 30,Honda menandatangani patennya yang pertama.Setelah menciptakan ruji, Honda ingin melepaskan diridari bosnya,membuat usaha bengkel sendiri. Ia mulai berpikir,spesialis apa yangdipilih? Otaknya tertuju kepada pembuatan RingPiston, yangdihasilkan oleh bengkelnya sendiri pada tahun 1938.
Sayang, karyanyaitu ditolak oleh Toyota, karena dianggap tidakmemenuhi standar. Ringbuatannya tidak lentur, dan tidak laku dijual. Iaingat reaksiteman-temannya terhadap kegagalan itu.
Merekamenyesalkan dirinyakeluar dari bengkel.Kuliah-------Karena kegagalan itu, Honda jatuh sakit cukup serius.Dua bulankemudian, kesehatannya pulih kembali.
Ia kembali memimpin bengkelnya.
Tapi, soal Ring Piston itu, belum juga ada solusinya.Demi mencarijawaban, ia kuliah lagi untuk menambah pengetahuannyatentang mesin.Siang hari, setelah pulang kuliah - pagi hari, ialangsung ke bengkel,mempraktekan pengetahuan yang baru diperoleh. Setelahdua tahunmenjadi mahasiswa, ia akhirnya dikeluarkan karenajarang mengikutikuliah."Saya merasa sekarat, karena ketika lapar tidak diberimakan,melainkan dijejali penjelasan bertele-tele tentanghukum makanan danpengaruhnya," ujar Honda, yang gandrung balap mobil.Kepada Rektornya,ia jelaskan maksudnya kuliah bukan mencari ijasah.Melainkanpengetahuan. Penjelasan ini justru dianggappenghinaan.
Berkat kerja kerasnya, desain Ring Piston-nyaditerima. Pihak Toyotamemberikan kontrak, sehingga Honda berniat mendirikanpabrik. Eh malangnya, niatan itu kandas. Jepang, karena siapperang, tidakmemberikan dana. Ia pun tidak kehabisan akalmengumpulkan modal darisekelompok orang untuk mendirikan pabrik.
Lagi-lagimusibahdatang.Setelah perang meletus, pabriknya terbakar dua kali.Namun, Honda tidak patah semangat. Ia bergegas mengumpulkan karyawannya. Mereka diperintahkan mengambil sisakaleng bensol yangdibuang oleh kapal Amerika Serikat, digunakan sebagaibahan mendirikanpabrik.
Tanpa diduga, gempa bumi meletus menghancurkanpabriknya,sehingga diputuskan menjual pabrik Ring Pistonnya keToyota. Setelahitu, Honda mencoba beberapa usaha lain. Sayangsemuanya gagal.Akhirnya, tahun 1947, setelah perang Jepang kekuranganbensin. Di sinikondisi ekonomi Jepang porak-poranda.
Sampai-sampaiHonda tidak dapatmenjual mobilnya untuk membeli makanan bagikeluarganya. Dalam keadaanterdesak, ia memasang motor kecil pada sepeda.
Siapasangka, "sepedamotor" - cikal bakal lahirnya mobil Honda - itudiminati oleh paratetangga. Mereka berbondong-bondong memesan, sehinggaHonda kehabisanstok. Disinilah, Honda kembali mendirikan pabrikmotor. Sejak itu,kesuksesan tak pernah lepas dari tangannya. MotorHonda berikutmobinya, menjadi "raja" jalanan dunia, termasukIndonesia.
Bagi Honda, janganlah melihat keberhasilan dalammenggeluti industriotomotif. Tapi lihatlah kegagalan-kegagalan yangdialaminya. "Orangmelihat kesuksesan saya hanya satu persen. Tapi,mereka tidak melihat99% kegagalan saya", tuturnya.
Ia memberikan petuahketika Andamengalami kegagalan, yaitu mulailah bermimpi,mimpikanlah mimpi baru.....
Untuk Qt:
1. Selalulah berambisi dan berjiwa muda.
2. Hargailah teori yang sehat, temukan gagasan baru,
3. khususkan waktu memperbaiki produksi.
4. Senangilah pekerjaan Anda dan usahakan buat kondisikerja Anda senyaman mungkin.
5. Carilah irama kerja yang lancar dan harmonis.
6. Selalu ingat pentingnya penelitian dan kerja sama.
Moga Bermanfaat dari Pengalaman ini untuk diri kita. Tetap Semangat dan jangan Putus Asa!! teruslah berinovasi Frend!!
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan berikan komentar anda, tapi Sopan ya.....